Sejarah Topi Baseball Dan Perkembangannya Dari Masa Ke Masa

Sejarah Topi Baseball Dan Perkembangannya Dari Masa Ke Masa

Siapa nih yang hobi koleksi topi baseball? Gak bisa dipungkiri kalau topi baseball adalah salah satu jenis topi paling populer dan paling sering kita jumpai. Namun pernahkah kamu berpikir darimana sejarah topi baseball ini bermula? Bagaimana ia menjelma dari aksesoris atletik menjadi fashion item yang paling digemari di seluruh dunia? Mari temukan jawabannya bersama konveksitopi.id.

Apa Itu Topi Baseball?

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai sejarah topi baseball akan lebih baik jika kamu mengenal terlebih dahulu seperti apa itu topi baseball. Topi baseball adalah jenis topi yang mempunyai ciri-ciri crown (penutup kepala) yang melingkar menutupi kepala. Selain itu, terdapat pula brim (lidah) yaitu penutup bagian depan dengan ukuran yang cukup lebar serta sedikit melengkung.

Sejarah Awal Terciptanya Topi Baseball

Brooklyn Excelsiors Baseball Cap

Topi baseball sangat erat kaitannya dengan budaya Amerika sehingga tidak mengherankan jika topi ini disebut sebagai topi nasional Amerika. Awalnya topi ini terbuat dari wol dengan paruh kulit dan dipakai secara eksklusif oleh pemain bisbol pada pertengahan hingga akhir abad ke-19. Sejarah topi bisbol dapat kita telusuri kembali ke pertengahan abad ke sembilan belas, saat olahraga baseball semakin populer.

Pada tahun 1849, New York Knickerbockers memakai topi bisbol pertama yang diketahui terbuat dari jerami. Topi ini kurang efektif dan agak gatal. Sehingga beberapa tahun kemudian mereka menggantinya dengan topi wol yang diproduksi oleh Peck & Snyder. Topi ini memiliki ciri mahkota berpanel datar yang terbuat dari wol merino dengan visor pendek untuk melindungi mata para pemain dari sinar matahari.

Gaya topi ini kemudian diadopsi di seluruh Amerika Serikat saat olahraga baseball semakin berkembang. Salah satu momen paling penting dalam sejarah perkembangan topi baseball adalah ketika sebuah klub amatir bernama Brooklyn Excelsiors mengenakan topi ini pada tahun 1860. Topi ini memiliki ciri brim yang lebih panjang dan crown dengan kancing yang lebih dalam, desain yang akhirnya dipakai dalam industri topi baseball modern.

Baca Juga: Sejarah Topi Trucker (Dulunya Dipakai Petani Lho!)

Perkembangan Topi Baseball Di Era 1900-an

Topi Trucker Dan petani Vintage

Produsen topi terbesar, New Era, mulai memasok topi baseball pertama ke pemain Major League pada tahun 1934. Dimulai dengan cleveland Indians kemudian diikuti oleh sebagian besar tim bisbol Liga Utama yang mengenakan topi buatan New Era ini pada tahun 1950-an.

Pada tahun 1960 – 1970-an perusahaan agrikultur mulai menyadari topi ini sebagai media iklan dan promosi yang melahirkan jenis topi baru bernama topi trucker. Topi ini memiliki ciri hampir mirip dengan topi bisbol. Hanya saja bagian depannya terbuat dari busa serta bagian belkang menggunakan mesh / jaring sehingga lebih breathable. Seperti namanya topi trucker saat itu lebih populer di kalangan pengemudi truk dan para petani.

Mengapa Topi Baseball Menjadi Sangat Populer?

OOTD Topi Baseball Ala Cewek Korea

Jim Lilliefors, penulis Ball Cap nation: A Journey Through the World of America’s National Hat mengemukakan beberapa alasan untuk meningkatnya popularitas topi baseball dan penerimaannya di luar lapangan. Menurutnya, banyak penggemar yang mulai ingin menunjukkan dukungan untuk tim baseball kesayangan mereka melalui topi mereka. Belum lagi siaran olahraga baseball yang disiarkan TV ikut andil dalam mempopulerkan penggunaan topi ini.

Pada saat yang sama topi baseball diunggulkan karena perannya dalam melindungi wajah dari sinar matahari. Selain itu topi baseball termasuk topi yang dapat dipakai oleh semua gender dan semua kalangan baik pria maupun wanita.

Pada saat yang sama, topi baseball dibanggakan karena perannya dalam melindungi wajah dari matahari, baik untuk pria maupun wanita. Mode musim panas mode menyebar dari periode ini memperkuat gagasan ini, membantu topi menjadi tanpa gender.

Baca juga: Pakai Jenis Topi Baseball Ini Biar Tampilanmu Makin Keren

Pengaruh Publik Figur Dalam Mempopulerkan Topi Baseball

Tidak bisa kita pungkiri, pengaruh publik figur dan tokoh penting dunia ikut andil dalam mempopulerkan sebuah produk fashion. Sebut saja Bintang TV Tom Selleck yang terlihat memakai topi baseball dalam perannya di film Magnum, P.I atau Tom Cruise dalam film Top Gun memperkuat transisi topi dari lapangan ke industri mode.

Saat penggunaan topi bisbol menjadi mainstream, banyak pria dan wanita yang mulai bermain dengan gaya. Ada yang memutarnya ke belakang atau kesamping sebagai simbol ekspresi pribadi. Penutup kepala ini kemudian diadopsi oleh musisi, dari rapper hingga rocker, bintang pop hingga generasi MTV pada tahun 2000-an. Banyak selebriti kemudian mulai menggunakan topi ini sebagai cara untuk melindungi wajah mereka dari paparazzi.

Perkembangan Topi Baseball Di Era Modern

Donald Trump make America Great Again Baseball Hat

Topi bisbol atau topi trucker terkadang dipakai secara ironis atau sebagai cara untuk menunjukkan afiliasi dengan kelas pekerja. Namun beberapa merek fashion ternama seperti A.P.C, Burberry, Brunello Cucinelli, Gucci hingga Kenzo membuat topi versi high-end yang mendorongnya ke ranah fashion mewah.

Hari ini, topi bisbol dipakai untuk menunjukkan dukungan bagi tim, sebagai pernyataan mode atau cara untuk menyampaikan pesan. Seperti yang terlihat oleh topi pengemudi truk Make America Great Again merah (sejenis topi bisbol) yang dikenakan oleh Donald Trump dan pendukungnya.

Variasi Dan Model Topi Baseball

Tipe Dan Variasi Topi Baseball

Topi baseball biasanya terbuat dari berbagai jenis bahan dalam berbagai gaya untuk tujuan yang berbeda. Sebelumnya topi baseball hanya tersedia dalam ukuran topi standar. Sejak awal 1970-an, banyak produsen yang mulai memproduksi topi dengan ukuran all size. Ada juga yang disertai velcro atau tali pengencang pada bagian belakang yang populer dengan sebutan snapback.

Kemajuan dalam bidang industri tekstil telah menyebabkan topi “stretch-fit”, yang menggunakan Lycra atau karet untuk memungkinkan topi memiliki gaya yang pas sambil tetap “dapat disesuaikan” dalam ukuran.

Versi lain dari topi baseball adalah topi jaring plastik dengan bagian depan busa yang dicetak dengan logo perusahaan. Gaya ini kadang-kadang disebut sebagai topi trucker karena sering dipakai oleh pengemudi truck di Amerika.

Berikut adalah 4 variasi topi baseball yang sering kamu jumpai dipasaran:

  1. Topi snapback – (topi dengan penutup kancing di bagian belakang) dengan pinggiran datar, profil tinggi, dapat disesuaikan.
  2. Adjustable Hat – (topi dengan penutup velcro atau tali pengikat pada bagian belakang) tidak terstruktur, profil rendah, pinggiran melengkung, dapat disesuaikan.
  3. Topi “Flexfit” – pinggiran melengkung atau rata, topi terstruktur, profil tinggi, dapat disesuaikan dengan menggunakan bahan elastis.
  4. Fitted Hat – pinggiran melengkung atau rata, topi terstruktur, profil tinggi, tidak dapat disesuaikan.

Baca Juga: Apa Ukuran Topi Yang Pas? Cara Mengetahui Ukuran Topi Sebelum Beli

Kesimpulan

Ok, sekarang kamu sudah tahu sejarah topi baseball dan perkembangannya dari masa ke masa. Kita juga telah membahas mengapa ia begitu populer dan bagaimana para publik figur ikut andil dalam bagian fashion statement yang tak lekang jaman ini. Kalau kamu tertarik untuk membuat topi custom kamu selalu bisa membuatnya di konveksitopi.id

Sumber referensi:

Sejarah Topi Baseball Dan Perkembangannya Dari Masa Ke Masa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *